Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit angkatan 17 Dengan Menggunakan Teknik Wawancara terhadap Turis

  • Karmilah Karmilah Politeknik Al Islam Bandung

Abstract

Merujuk kepada Visi Politeknik Al Islam Bandung yaitu Menjadi Lembaga
pendidikan tinggi terkemuka di bidang kesehatan yang tepat-terap guna,
islami, bertaraf nasional dan berorientasi internasional tahun 2018" dan
Visi itu belum tercapai karena kemampuan berbicara bahasa Inggrisnya
yang masih kurang. Maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui
proses teknik wawancara terhadap turis dalam KBM sehingga dapat
meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Metode
yang digunakan adalah mix-method artinya perpaduan antara kualitatif dan
kuantitatif . Data kualitatif diperoleh dari hasil tanggapan observasi dan
wawancara mahasiswa,sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai
presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . Subjek
penelitiannya mahasiswa program studi Administrasi Rumah Sakit angkatan
17 yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Teknik
wawancara terhadap turis dapat meningkatkan keterampilan berbicara
bahasa Inggris mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit
angkatan 17 terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata- rata pre-test
yaitu 67.3 dan post test 80, berarti ada peningkatan sebesar 12.7.
Tanggapan positif dari mahasiswa terhadap teknik wawancara terhadap
turis asing karena dapat menambah pengalaman belajar yang
menyenangkan dan menambah kepercayaan diri mahasiswa serta
kemampuan berbicara bahasa Inggris.

References

Astriyanti, Diah. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Guru Bahasa Inggris Native Speaker Atau Native Speaker Dan Guru Bahasa Inggris Bukan Native Speaker Atau Non-NativeSpeaker. Pontianak. IKIP PGRI
Brown, H. D. (2001). Teaching by principles : An Interactive Approach to Langaig Pedagogy. London: Longman.
Budiharso, Teguh. (2015). Teaching Practices: Does It Substantiate Teacher’s Profession Development?, Pedagogik, 8(1): 34-46, from www.jurnalpedagogik. info
Burns, A. & Joyce, H. (1999). Focus on Speaking. Sydney: NCLLTR Publications.
Djiwandono, M. Soenardi. (2008). Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks
Herlina. (2017). Mengajar Berbicara Menggunakan Metode Wawancara Tiga Langkah Di semester Tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Wahana Didaktika , 15(3), 13.
Mulyasa. E (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Mackey, Alison. (2005). Second Language Research. London: Lawrence Erlbaum Associates
Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodoly: A Textbook for Teachers. Englewood Cliffts: Prentice Hall.
Permanasari, Rani C. (2014). Improving Students’ Speaking Skill Through Three Steps Interview Technique. Semarang: UNS
Richards, J.C., & Rogers,T.S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University
Tarigan, H. G. (1987). Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2019-01-01
How to Cite
1.
Karmilah K. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit angkatan 17 Dengan Menggunakan Teknik Wawancara terhadap Turis. Jutek [Internet]. 1Jan.2019 [cited 24Jun.2021];1(2):77-8. Available from: https://jurnal.politeknikalislam.ac.id/index.php/jutek/article/view/8