KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH BANJARMASIN SIAGA

A SATISFACTION OF OUTPATIENTS TOWARDS HEALTH SERVICE QUALITY AT BANJARMASIN SIAGA SPECIAL SURGICAL HOSPITAL

Authors

  • Rima Diaty Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin
  • Sri Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.38215/jtkes.v7i1.125

Keywords:

hospital, outpatient care, Patient satisfaction, service quality

Abstract

There is a relationship between responsiveness and tangible factors with outpatient satisfaction at Banjarmasin Siaga Special Surgical Hospital. However, there is no relationship between reliability, assurance, and empathy with outpatient satisfaction at Banjarmasin Siaga Special Surgical Hospital.

 

Keywords: Patient satisfaction, outpatient care, service quality, hospital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75. 2014. Pusat Kesehatan Masyarakat. 2014. Jakarta : Menkes RI

Sulastri dkk. 2021. Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan Kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas lurasik Kabupaten timor tengah utara. Jurnal pazih_pergizi pangan DPD NTT. Vol. 10(2)2021.

Saputra, Adisurya dan Ariani Nurlitas. 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal (BNJ). Vol.1(1) 2019. Akper Yarsis.

Lupiyoadi, R & Hamdani, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus pada Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan manajemen RS, 6(1), 9-15,

Bunet, G. C. E., Lolo, W. A. dan Rumondor, E. M. (2020) “Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Tanawangko,” Pharmacon, 9(3), hal. 397. doi: 10.35799/pha.9.2020.30024.

Sari, F. P. (2018) Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK IV Madiun Tahun 2018. STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Muzer, A. (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widiasari, Handiyani, H. dan Novieastari, E. (2019) “Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit,” Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), hal. 43–52. doi: 10.7454/jki.v22i1.615.

Indiyani, V dan Herfiyanti, L. 2021. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis Di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Rsu Bina Sehat. Vol.1. No.7. Juli 2021:882-892

Lismiran. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Bagian Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Palembang. Vol.11. No.1. Juni 2021:39-45.

Rasmun, Ngula, M. O., & Setiadi, R. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Wahab Sjahrante Samarinda.

Pasalli, A dan Patattan, A. A. 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Fatima Makale di Era New Normal. Vol.4. No. 1. Juni 2021:14-19

Published

2024-01-29

How to Cite

Diaty, R., & Purwanti, S. . (2024). KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH BANJARMASIN SIAGA: A SATISFACTION OF OUTPATIENTS TOWARDS HEALTH SERVICE QUALITY AT BANJARMASIN SIAGA SPECIAL SURGICAL HOSPITAL. Jurnal Teras Kesehatan, 7(1), 24–29. https://doi.org/10.38215/jtkes.v7i1.125