PENGARUH METODE REPEATED READING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA
THE EFFECT OF REPEATED READING METHOD ON READING COMPREHENSION SKILLS OF GRADE 3 ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.38215/jtkes.v8i1.182Keywords:
grade 3 elementary school students, reading comprehension, repeated reading methodeAbstract
Membaca merupakan suatu permasalahan di sekolah, khususnya pada siswa kelas 3 SD di Surakarta. Kelancaran dan pemahaman membaca dapat ditingkatkan dengan metode membaca berulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stevens, dkk, membaca berulang merupakan intervensi yang paling efektif untuk meningkatkan kelancaran dan keterampilan pemahaman membaca jika dibandingkan dengan 19 metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca berulang terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Berdasarkan hasil uji analisis dengan Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa metode membaca berulang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta.
Downloads
References
Amalia, D. (2022). The Importance of Sight Word Recognition to Improve Reading Fluency. JELP: Journal Of English Language And Pedagogy, 1, 102–115.
Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramdhani, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 793–809. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4094/3107 Putri, S. A., & Fitri, A. D. S. (2023). Hubungan Pengetahuan Orangtua Tentang Rapid Naming Dengan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Dua Pada SDN Bulukantil di Surakarta. 1, 361–377. Romig, J. E., & Jetton, A. (2024). Effects of a Repeated Reading Intervention Delivered Online to Upper Elementary Students. Journal of Special Education Technology, 39(2), 163–173. https://doi.org/10.1177/01626434231184879 Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teras Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Jurnal Teras Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)