PENGARUH METODE REPEATED READING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA

THE EFFECT OF REPEATED READING METHOD ON READING COMPREHENSION SKILLS OF GRADE 3 ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SURAKARTA

Authors

  • Larasati Eka Permatasari Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Anisyah Dewi Syah Fitri Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Sinar Perdana Putra Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.38215/jtkes.v8i1.182

Keywords:

grade 3 elementary school students, reading comprehension, repeated reading methode

Abstract

Membaca merupakan suatu permasalahan di sekolah, khususnya pada siswa kelas 3 SD di Surakarta. Kelancaran dan pemahaman membaca dapat ditingkatkan dengan metode membaca berulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stevens, dkk, membaca berulang merupakan intervensi yang paling efektif untuk meningkatkan kelancaran dan keterampilan pemahaman membaca jika dibandingkan dengan 19 metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca berulang terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Berdasarkan hasil uji analisis dengan Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa metode membaca berulang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 SD di Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D. (2022). The Importance of Sight Word Recognition to Improve Reading Fluency. JELP: Journal Of English Language And Pedagogy, 1, 102–115.

Fendrik, M., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramdhani, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 793–809. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4094/3107 Putri, S. A., & Fitri, A. D. S. (2023). Hubungan Pengetahuan Orangtua Tentang Rapid Naming Dengan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Dua Pada SDN Bulukantil di Surakarta. 1, 361–377. Romig, J. E., & Jetton, A. (2024). Effects of a Repeated Reading Intervention Delivered Online to Upper Elementary Students. Journal of Special Education Technology, 39(2), 163–173. https://doi.org/10.1177/01626434231184879 Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870

Published

2025-01-28

How to Cite

PENGARUH METODE REPEATED READING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI SURAKARTA: THE EFFECT OF REPEATED READING METHOD ON READING COMPREHENSION SKILLS OF GRADE 3 ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SURAKARTA. (2025). Jurnal Teras Kesehatan, 8(1), 83-92. https://doi.org/10.38215/jtkes.v8i1.182

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.